1. Tentukan besar sudut rad dalam bentuk derajat?
pembahasan
Contoh perbandingan trigonometri ini dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
1 rad = 180°
Maka,
rad = x 180° = 45°
Jadi besar rad adalah 45°
2. Perhatikan gambar berikut!
hitunglah nilai cos pada segitiga tersebut?
pembahasan
Contoh perbandingan trigonometri tersebut dapat diselesaikan dengan mencari nilai terlebih dahulu. Nilai c tersebut dapat ditentukan menggunakan konsep teorema phytagoras seperti di bawah ini:
c² = a² + b²
= (√12)² + 2²
= 12 + 4
c = 16
= 4
Maka,
cos = b/c (Sisi Samping / Sisi Miring)
= 2/4
= 1/2
Jadi nilai cos pada segitiga tersebut adalah 1/2
3. Besar sudut yang sesuai dengan gambar di bawah adalah
Sudut yang terbentuk searah dengan jarum jam sehingga tandanya negatif, yakni
Karena satu putaran sama dengan 360
4. Perhatikan gambar berikut.
Nilai
jawab :
diketahui, segitiga ABC siku" di B
sin A = 3/5
artinya depan = 3 dan miring = 5
kita cari sisi yang lain atau sisi sampingnya, dengan menggunakan phitagoras
samping = √(miring² - depan²)
= √(5² - 3²)
= √(25 - 9)
= √16
= 4
perbandingan trigonometri yang lain
sin A = 3/5 → depan sudut A / miring
cos A = 4/5 → samping sudut A / miring
tan A = 3/4 → depan sudut A / samping
cosec A = 5/3 → miring / depan sudut A
sec A = 5/4 → miring / samping sudut A
cotan A = 4/3 → samping sudut A / depan sudut A
sin C = 4/5 → depan sudut C / miring
cos C = 3/5 → samping sudut C / miring
tan C = 4/3 → depan sudut C / samping sudut C
cosec C = 5/4 → miring / depan sudut C
sec C = 5/3 → miring / samping sudut C
cotan C = 3/4 → samping sudut C / depan sudut C
dari jawaban tersebut dapat kita simpulkan bahwa
sin A = cos C
cos A = sin C
tan A = cotan C
cosec A = sec C
sec A = cosec C
cotan A = tan C
jawab :
diketahui segitiga KLM siku" di L
tan M = 6/8
ingat tan = depan / samping
tan M = depan sudut M / samping sudut M
depan sudut M = 6
samping sudut M = 8
miring = √(depan² + samping²)
= √(6² + 8²)
= √(36 + 64)
= √100
= 10
perbandingan trigonometri yang terjadi
sin M = depan sudut M / miring = 6/10
cos M = samping sudut M / miring = 8/10
tan M = depan sudut M / samping sudut M = 6/8
cosec M = miring / depan sudut M = 10/6
sec M = miring / samping sudut M = 10/8
cotan M = samping sudut M / depan sudut M = 8/6
sin K = depan sudut K / miring = 8/10
cos K = samping sudut K / miring 6/10
tan K = depan sudut K / samping sudut K = 8/6
cosec K = miring / depan sudut K = 10/8
sec K = miring / samping sudut K = 10/6
cotan K = samping sudut K / depan sudut K = 6/8
kesimpulan yang kita dapatkan dari perbandingan trigonometri diatas adalah
sin M = cos K
cos M = sin K
tan M = cotan K
cosec M = sec K
sec M = cosec K
cotan M = tan K
Jawab
tan 30⁰ =
x = . 150
x = 50√3
Jadi tinggi menara adalah
= x + tinggi Budi
= 50√3 m + 120 cm
= 50√3 m + 1,2 m
= (50√3 + 1,2) m
7. Andi berdiri tegak pada jarak 10√3 m dari kaki sebuah pohon besar yang tumbuh gerak lurus. Jika tinggi Andi 1,6 m dan melihat ke puncak pohon dengan sudut elevasi 60°. Tentukan tinggi pohon tersebut?
Jawab
tan 60⁰ =
x = √3 . 10√3
x = 30
Jadi tinggi pohon adalah
= x + tinggi Andi
= 30 m + 1,6 m
= 31,6 m
8. Sebuah gedung yang tingginya 50 m dan terdapat sebuah batu besar di dekat gedung. Jika sudut depresi dari titik puncak gedung terhadap batu tersebut adalah 30⁰ maka jarak batu terhadap dasar gedung tersebut adalah …
Jawab
tan 30⁰ =
x = 50√3
Jadi jarak batu terhadap dasar gedung tersebut adalah 50√3 m
9. Iwan memandang puncak sebuah gedung dengan sudut elevasi 60⁰. Tinggi orang Iwan 1,7 m dan jarak Iwan dengan gedung 40√3 m. Tinggi gedung adalah ….
Jawab
tan 60⁰ =
x = √3 . 40√3
x = 120
Jadi tinggi gedung adalah
= x + tinggi Iwan
= 120 m + 1,7 m
= 121,7 m
10. Seorang siswa diberikan tugas untuk mengukur tinggi sebuah gedung dengan menggunakan klinometer pada awal berdiri melihat ujung atas gedung dengan sudut elevasi 30° kemudian mendekati gedung sejauh 20 m dengan sudut elevasi 45°, jika tinggi siswa tersebut 1,5 m maka tinggi gedung adalah …
Jawab
Untuk sudut 45°
tan 45⁰ =
1 =
y = x
Untuk sudut 30°
tan 30⁰ =
√3 x = 20 + x
√3 x – x = 20
x(√3 – 1) = 20
x =
x =
x =
x =
x = 10(√3 + 1)
x = 10√3 + 10
Jadi tinggi gedung tersebut adalah
= x + tinggi siswa
= (10√3 + 10 + 1,5) m
= (10√3 + 11,5) m
11. Perhatikan gambar dibawah ini ,
Dua orang guru dengan tinggi badan yang sama yaitu 170 cm sedang berdiri memandang puncak tiang bendera di sekolahnya. Guru pertama berdiri tepat 10 m di depan guru kedua. Jika sudut elevasi guru pertama dan guru kedua maka dapatkah anda menghitung tinggi tiang bendera tersebut?Penyelesaian :
*). Ilustrasi gambar
Misalkan panjang CD = BG =
*). Menentukan nilai
Segitiga ABG :
Segitiga ABF , substitusi
*). Menentukan tinggi tiang bendera (A)
Daftar Pustaka
Blog.Koma.2015."Sudut Elevasi dan Depresi"https://www.konsep-matematika.com/2015/11/sudut-elevasi-dan-depresi.html. diakses pada tanggal 10 Januari 2022
Arsetpopeye.2014."15 nomor contoh soal sudut elevasi dan depresi (soal cerita) beserta pembahasannya"https://brainly.co.id/tugas/222788.diakses pada tanggal 10 Januari 2022
Syubbana.2018."Contoh Soal Perbandingan Triigonometri dan Jawabannya"https://brainly.co.id/tugas/14665560. diakses pada tanggal 10 Januari 2022
Eka Nur Amin.2021."Contoh Soal Perbandingan Trigonometri Segitiga Siku Siku"https://rpp.co.id/soal-perbandingan-trigonometri-segitiga-siku-siku/. diakses pada tanggal 10 Januari 2022
Sukardi.20219."Soal dan Pembahasan – Perbandingan Trigonometri (Dasar)"https://mathcyber1997.com/soal-dan-pembahasan-perbandingan-trigonometri-dasar/.diakses pada tanggal 10 Januari 2022
Tidak ada komentar:
Posting Komentar